top of page

SmartFM Talk show


Pada hari Jumat 22 Juli 2016, Anastasia Inne Adhie diminta untuk mengisi program talkshow “Smart Creative” di radio SmartFM Jakarta. Tema yang dibahas pada acara ini adalah batik dengan pewarna alami. Acara yang dipandu oleh dua penyiar ini menanyakan hal yang melatarbelakangi Inne Adhie terjun dalam usaha batik seperti sekarang ini. Inne Adhie bercerita bahwa dirinya sudah mengenal batik sejak kecil. Perasaan akan begitu melekatnya batik pada kehidupan Inne Adhie mendorong dirinya konstan menekuni batik dan meninggalkan rutinitas sebagai karyawan pada tahun 2001. Adhie menyebutkan bahwa sosok yang berperan penting dalam karir membatik dirinya adalah Ibu Suliantoro, penggiat batik asal Jogjakarta. Selain itu, mulai 2001 hingga 2006, Inne Adhie giat mengkoleksi batik hasil kreasinya sendiri.

Menurut Inne Adhie, batik adalah menorehkan titik diatas kain yang lebar. Beliau menjelaskan proses membatik dimulai dari menyiapkan bahan-bahannya seperti lilin, canting dan tentunya kain; merumuskan konsep desain yang dilanjutkan dengan pewarnaan. Pada sesi kedua, Inne Adhie mengkomparasi batik alami dengan batik tekstil. Batik dengan warna alam (batik asli) seperti yang diakui SMESCO adalah batik yang memang dibuat manual menggunakan tangan. Batik asli sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu batik tulis dan cap. Selain terletak pada bahan pewarna, cakupan perbedaan lainnya adalah permasalahan produksi dan hasil warnanya. Jika teknik batik tekstil hanya memerlukan hitungan jam dalam menghasilkan ribuan lembar kain batik, sedangkan batik warna alam membutuhkan waktu berhari-hari dalam menciptakan satu lembar kain. Warna yang dihasilkan batik tekstil memantulkan cahaya dan warna alam tidak reflektif.

Inne Adhie mengatakan bahwa batik dengan warna alam sudah ada sebelum tahun 1856, dimana warna sintetis ditemukan oleh Adam William Perkins. Warna sintetis banyak digunakan oleh para pengrajin karena sifatnya praktis, dapat menghasilkan batik secara cepat. Namun, hal tersebut bukanlah identitas asli batik kebudayaan Indonesia yang menggunakan warna alam.

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • Google+ Social Icon
!
Widget Didn’t Load
Check your internet and refresh this page.
If that doesn’t work, contact us.
bottom of page